Saturday, February 24, 2007

Virus apa ?

Data-data itu tersimpan dalam folder yang tersusun rapi. Sebelumnya, semalaman aku menyusun semua naskah-naskah, informasi, artikel, dan semua foto-foto secara terstruktur untuk memudahkan jika sewaktu-waktu aku membutuhkannya. Bukan hal yang mengada jika aku melakukan semua itu, bahkan sampai larut malam. Aku akan meninggalkan komputer hitam itu untuk sementara waktu…dan pasti yakin akan menggunakannya. Aku masih ingat, walau mata dan kepalaku berat tertumbuk kantuk, aku masih terus menyelesaikannnya…dan pada dini hari aku akhirnya bisa tersenyum atas hasil kerjaku…

Dua minggu berselang, karena keharusan yang teramat sangat (baca : Ujian Pertama) aku harus menjalani istirahat di kota tercinta, aku kembali. Dua hari kemudian karena kebutuhan akan beberapa hal dan informasi aku kembali membuka komputer hitam itu. Namun sejuta tanya membuncah dalam kepalaku karena semua file foto yang aku buka tidak menampakkkan isi….aku masih bersabar, mungkin memang aku yang salah cara membukanya (walau nyaris tak mungkin).


Hingga kemudian seorang kawan berujar :

“Ma’af mas, semua file di folder mas…hilang semua. Saya tidak tahu kenapa…tapi terakhir sebelum hilang saya sedang mengirim foto-foto ke email teman mas… sesuai permintaan mas…”

“Upss…”

Aku hanya mengira hanya folder foto-foto yang hilang tak tersisa, namun keterkejutanku tak terbantah saat mulai kuperiksa satu persatu folder naskah, artikel dan semuanya. Tak tersisa…lemas rasanya…

Pengalaman adalah emas, semua dokumentasi adalah intan…. (itu mungkin analogi yang terasa membuatku semakin menyesal...)

Apa sebenarnya penyebab hilangnya semua data di folderku?

Kenapa hanya data-data dalam folderku saja yang hilang sementara data lainnya tidak ada yang hilang?

Semoga ada yang berkenan memberi jawaban atau saran……terimakasih…


(Yogyakarta_240207)

No comments: