Saturday, May 5, 2007

SESUATU YANG MENYEBALKAN...

Tidur merupakan aktifitas yang sangat normal dilakukan manusia. Bahkan tidur juga merupakan istirahat yang paling baik bagi tubuh. Sering usai tidur kita merasa segar atau malah sebaliknya tubuh dan kepala terasa letih karena kebanyakan tidur.

Nah, biasanya sebelum tidur apa sih yang biasa dirasakan? Lazimnya ya.. pasti nguap-nguap dulu sebagai sebuah ekspresi ngantuk. Ngantuk…? Ehm… ini yang ingin aku bahas. Ngantuk biasanya mendahului sebuah ritual yang dinamakan istirahat (tidur). Seringkali tak tertahankan, bahkan dalam beberapa kesempatan cenderung (sangat) menyebalkan. Terutama jika kita sedang berada dalam saat yang menuntut kita terjaga dengan penuh konsentrasi…

Penyebab ngantuk ?

Seorang kawan berkata : “kantuk biasanya terjadi karena tubuh kita kurang istirahat (tidur) atau saat tubuh lelah sehingga membutuhkan jeda sejenak (istirahat), dan… bisa juga karena lapar! So obatnya ya harus istirahat!!”

Nah kalau kita dalam kondisi yang mengantuk menguap-uap padahal kita sangat ingin tetap fit dan terjaga apa yang harus dilakukan? Minum minuman suplemen!!. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk mengusir jauh rasa kantuk. Namun ternyata cara ini masih terasa belum efektif. Karena setelah itu rasa lelah/loyo yang ditimbulkan malah terasa menjadi berlipat. Belum lagi kalau pakai ditambah sakit kepala…wah gak lagi kayaknya. Persis seperti yang dikatakan seorang kawan : “…dengan meminum suplemen maka itu hanya menunda rasa capek/kelelahan tubuh kita. Jadi, nanti lelah kita akan dobel setelah efek minuman suplemen hilang. Karena energi kita diambil untuk mengganti lelah yang terjadi saat ini…”(kira-kira seperti itulah analisisnya…).

So, apa dong solusinya?

Tersebutlah beberapa solusi cara menghilangkan ngantuk :

“Selalu fokus dan berkonsentrasi pada sesuatu hal yang sedang kita lakukan…” (susah nih metode…)
“mengunyah permen buble gum aja…” (Udah pernah coba…dan hasilnya dosen bawel ceramah…)
“Tidur yang cukup, minimal 8 jam sehari…” (yang sering kelebihan malah…)
“Oia…gerakkan lidah kamu dilangit-langit mulut dan tekuk-tekuklah….gampangnya senam lidah deh….sehingga syaraf aktif bergerak” ( samapi lidah kelu dan mau muntah rasanya….)

Semuanya tetap sama : NGANTUK!! Apalagi kalau ditambah berada di ruangan dingin ber AC …

Sampai suatu saat :

‘apa tenggorokan anda sakit ?”
“Kalau iya, apalagi kalau rasa itu semakin menjadi saat makan makanan yang mengandung MSG…sepertinya ada masalah pada tonsil…Amandel!! Dan itulah pangkal semua masalah!!”

“???....”

_Pada sebuah kantuk_

No comments: